Kamis, 08 Oktober 2015

coretan dan artikel

About an introvert



                Aku ingin bercerita tentang sosok kepribadian introvert. Pasti banyak orang yang berfikiran seseorang introvert diidentikkan dengan sosok yang pendiam, memang benar, tapi pertanyaannya pendiam dalam hal apa? Mungkin bisa dibilang orang introvert adalah orang yang jarang bicara, tapi ketika kalian benar-benar mengenalnya pasti kalian tidak akan bilang jika seorang yang introvert adalah sosok yang pendiam, penyendiri dan lain sebagainya. Aku disini bukan seeorang yang introvert, tapi dari semua teman yang dekat dengan aku 80% lebih mereka adalah kategori introvert. Jadi ini bisa dibilang hasil pengamatan gitu, hehe.
          Aku punya berberapa teman yang introvert, dan memang di dunia nyata memang dia pendiam, bahkan ada yang seumur hidup gak pernah berbicara dengan aku walaupun pernah satu kelas, tetapi kalau di dunia maya sering curhat atau berbagi pengalaman dengan dia. Seseorang yang introvert itu memang cuek, tetapi mereka cuek dengan berberapa hal saja, tetapi sisi lain dari mereka adalah mereka seseorang yang sangat perduli dari hati mereka yang paling dalam, bahkan bisa saja temenmu yang introvert itu awalnya cuek langsung berubah cerewet banget.
          Nah, aku punya temen yang namanya sangat langka di dunia, sebut saja Aliffiandika. Aku udah lupa berapa tahun berteman sama dia nah dia salah satu temenku yang kategori introvert dan dia sering menyebutnya INFJ, aku sih gak begitu paham, samar-samar paham itu kayaknya seorang introvert yang mempunyai rasa simpati dan empati yang sangat tinggi. Emang bener tuh anak emang punya rasa keperdulian yang tinggi, bahkan meskipun dia dibilang cuek dengan teman-temannya tetapi dia tidak pernah diam saja ketika ada temannya yang disakiti atau apa. Bisa dibilan si Aliffiandika ini jenius, dia mempunyai banyak bakat, ide, dan lain sebagainya. Menurutku si Alifiandika ini termasuk golongan “talk less do more” atau mungkin dia juga termasuk kategori orang yang pandai dalam berfikir atau bertindak meskipun jarang berbicara, bukan hanya Aliffiandika, tetapi banyak temanku yang introvert juga demikian.
          Ketika kalian berteman dengan seseorang yang introvert meskipun kalian cerewet mungkin kalian bakal kalah ketika kalian berdebat dengan temanmu yang introvert, contoh sederhana yang pernah terjadi dengan aku adalah aku pernah disindir atau semacamnya ketika banyak mengonsumsi kopi, bahkan meskipun dia pencinta kopi tapi tidak pernah minum sebanyak yang aku minum, karena tujuanku meminum kopi untuk menenangkan diri saja, kalian pasti juga bakalan seneng punya temen yang perhatian seperti itu ke kalian, bahkan ada orang lain yang mengkhawatirkan keadaan kalian lebih dari perhatian kalian kepada diri kalian sendiri pasti sangat menyenangkan bahkan terkadang aku sampai terhura, eh terharu maksutku. Dan orang introvert itu termasuk pribadi orang yang setia, bukan hanya dalam hal berhubungan mulai dari berteman, pasangan hidup, dan lain sebagainya. Dalam berteman mereka bakal jarang banget ditemukan yang menikung teman sendiri.
          Seorang yang introvert itu juga pendengar yang baik, ketika kalian curhat dengan seseorang yang introvert mungkin ada kebahagiaan tersendiri dari kalian. Saran buat kalian, jangan terlalu memojokkan orang yang kalian anggap diam, bisa saja mereka orang yang baik sangkin baiknya hingga kalian tidak akan pernah mau melepaskannya. Menjadi introvert itu bukanlah suatu yang terbuang atau semacamnya, jika kalian ingin hebat maka tunjukkan kehebatan kalian bukan malah minder. Introvert bukan alasan untuk berhenti bersosialisai atau menjauhkan diri dengan lingkungan, misalnya di dalam organisasiku ada berberapa orang yang termasuk golongan introvert, mereka pendiam memang tapi ide-idenya sangat memukau hingga hanyak orang menganga ketika dia menyampaikan ide-idenya di depan forum. Dan jangan pernah membully atau memperlakukan seseorang secara tidak manusiawi kepada seseorang yang dianggap pendiam atau termsuk introvert.

Terima kasih telah membaca coretan ini, semoga bermanfaat dan mohon maaf jika ada salah kata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar