Sabtu, 15 November 2014

Demam Narsis

Author: safira fausta ramadhnai
Genre:  komedi
Judul:  demam narsis

          Perkenalkan, namaku Fira. Aku gak tau kenapa teman-temanku memanggil aku Fira, padahal namaku Safira Fausta Ramadhani. Ya, begitulah, terkadang aku tidak bisa memahami pikiran temankku sendiri, apalagi yang ada kaitannya sama narsis. What? Narsis? Apaan tuh? Narsis itu suatu kelompok yang mempertahankan perbedaan. Eh, bukan, itu rasis namanya. Narsis boleh-boleh saja, penting gak boleh rasis.
          Narsis itu bisa dimana ajah, mulai di cafe, pantai, hotel, warnet, rumah sakit, dan herannya lagi, sangking narsisnya sampai narsis di kamar mandi. Oh my god, negara kita benar-benar ada badai narsis nasional. Mulai Sabang sampai Merauke semua orang suka dengan narsis. Narsis biasanya diwujudkan dengan foto selfie yang gak jelas dimana titik fokusnya, gak jelas mana obyek yang difoto, gak jelas mana segi estetikanya, gak jelas teorinya, yang penting foto. Sangking narsisnya orang Indonesia sampai-sampai menciptakan sebuah alat untuk narsis, hebat banget kan. Nama alat buat narsis namanya “Tongsis” kalau dilihat dari namanya sepertinya kayak buatan Cina. Ternyata tongsis itu singkatan dari “tongkat narsis”. Gila bener deh narsisnya.

          Itu salah satu selfie waktu pelajaran matematika yang nggeboringin, menyebalkan, bikin mimisan, bikin kesurupan massal, dan pastinya bikin serangan jantung mendadak. Gimana gak serangan jantung, waktu enak-enak tidur waktu pelajaran matematika eh meja gue di goyang-goyangin, gue lari histeris sambil teriak gempa-gempa, gue kira gempa bumi. Sialan banget deh tuh orang. Keesokan harinya waktu terima rapot dapat nilai sikap C. Di gebukin deh gue sama ayah dan ibu. Ya begitulah cerita yang gak jelas banget. Foto itu di abadikan waktu aku dan Nisa teman satu bangkuku mendengarkan penjelasan tentang hubungan lingkaran yang sama sekali gak bisa diterima otakku sampai satu kelas banjir gara-gara air liur temen-temen sekelas yang mlongo melihat penjelasan Pak Adi.
          Aku paling males kalau di suruh fotoin temen-temen, mesti banyak yang komen kalau fotonya jelek.
          “ lho Fir, kenapa fotoku kok jelek sih”
          “emang loe fikir wajah loe cantik apa minta foto loe cantik. Nggayal deh”
          “ kan sekarang ada camera 360, orang jelek bisa jadi cantik. Loe gaptek sih”
          “terserah loe ajah deh”
          Bikin males banget kan sama selfie-selfie, kalau fotonya jelek yang jadi kambing hitam selalu yang fotoin tuh foto. Aku teringat waktu jenguk temenku yang sakit mata malah di ajak foto pakai flash, langsung deh keesokan harinya dia jadi buta. Belum lagi kalau mendapati foto yang bibirnya mincur-mincur kayak orang lagi sariawan, hahaha lucu banget.
          “eh, loe lagi sariawan ya Fan?
          “ aku lagi selfie tau, yang kayak gini likers nya paling banyak di facebook”
          Aku langsung tepok jidat tau penjelasan Fani yang kayak gitu. Setelah foto selfie-selfi biasanya langsung di upload di jejaring sosial kayak Facebook, twitter, instagram, path, dan lain sebagainya. Bahkan di notifikasi facebook gue tiap detik selalu di beranda banyak banget foto-foto allay yang bertebaran di beranda facebook.  Belum lagi di BBM yang tiap detik juga banyak yang ganti foto DP, dan gue amati semua bibirnya lagi sariawan sampai kalau foto harus mincur-mincur sambil angkat dua jari. Maklum lah kalau barusan Pak Jokowi jadi presiden dari nomer urut dua. Tapi gak gitu-gitu juga kali.
          Aku sering nemuin foto-foto temen-temenku yang cantik banget, padahal aslinya gak banget. Kayak foto ini

          Nah tuh foto salah satu foto diantara ribuan foto yang di edit sampai beda banget sama aslinya. Kalau orang tau aslinya kayak gitu, pasti banyak yang kejang-kejang dan langsung lari dari bumi. Ntah lari kemana, mungkin mau lari ke Galaxy Andromeda. Eh tuh namanya galaxy atau namanya seri handphone. Ah, sudahlaaaaahhhhhh.

          Memang banyak banget yang ingin mengabadikan setiap moment dalam hidup, tapi kalau keterlaluan juga gak bagus. Kita bisa jadi dinilai jelek sama orang lain karena posting-posting di jejaring sosial dengan foto-foto yang tidak pantas dilihat mata atau foto-foto yang terlalu diedit sampai parahnya tingkat dewa.

2 komentar:

  1. wahahaha,kocak fir,ngakak aku. banyak yang True story,bener banget.
    umak pancen ngeten (y)

    BalasHapus
  2. hahaha
    makasih dik
    cerpenmu yo keren kok

    BalasHapus